Jumat, November 23, 2012

Review: LinuxMint 14 Nadia - Graphic Card dan CPU Usage

Performance
Pada komputer dengan spesifikasi hardware sama yang sebelumnya di-install LinuxMint13, CPU Usage meningkat. Hal ini bisa dilihat dari tingkat Responsiveness yang menurun. Salah satu hal yang penyebabnya adalah LinuxMint tidak dapat menemukan driver yang cocok pada beberapa Graphic Card Intel dan menggunakan driver lain untuk me-render desktop di level software, ie. llvmpipe.



Apakah LinuxMint menggunakan llvmpipe, dapat diketahui dengan menggunakan perintah inxi:
$ inxi -G
Graphics: 
Card: InnoTek Systemberatung VirtualBox Graphics Adapter
X.Org: 1.13.0 drivers: vboxvideo (unloaded: fbdev,vesa) Resolution: 1024x768@60.0hz
GLX Renderer: Gallium 0.4 on llvmpipe (LLVM 0x301) GLX Version: 2.1 Mesa 9.0
Permasalahan ini dapat diatasi dengan melakukan perubahan pada system sehingga menggunakan driver Intel. Perubahan tersebut dapat dilakukan, namun rumit dan beresiko tinggi. LinuxMint 14 memerlukan spesifikasi hardware yang cukup untuk dapat digunakan dengan nyaman.

New Features
Linux Mint 14 dibangun di atas teknologi yang stabil seperti MATE, Cinnamon dan MDM. Rilis terbaru ini dilengkapi dengan perbaikan software dan fitur baru yang kebanyakan berkisar pada Window Manager dan kemudahan penggunaan aplikasi berbasis desktop. Untuk daftar fitur baru, dapat dilihat pada halaman "New features in Linux Mint 14".

Download
LinuxMint 14 dapat di-download dari beberapa mirror yang ada pada halaman download. Server Mirror yang berdomain Indonesia adalah Universitas Pasundan, sedangkan Server Kambing, sampai dengan tulisan ini diketik masih memberikan response 404 Not Found. Dari beberapa Server yang tersedia, yang memiliki kecepatan download paling tinggi dari tempat saya adalah National University of Singapore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar