Senin, Juli 09, 2012

Kevalidan Informasi di Internet

Info icon 002Jaman informasi kayak gini kalo kita nggak hati-hati bisa kena hoax. masih sering saya lihat ada teman yang sharing posting-an kompasiana, blogdetik, salingsilang. Website yang saya sebutkan tadi adalah website citizen journalism. Artinya yang posting di website tersebut bisa siapa saja. Keunggulan dari website tersebut adalah kebaruan namun bahaya-nya adalah hoax.

Bukan maksud saya untuk merendahkan tulisan di sana tetapi ada beberapa hal yang seharusnya diperhatikan sebelum kita menyebarkan informasi yang ada:
  1. Look Who's Talking
    Siapa yang membuat tulisan tersebut dan apakah benar dia yang membuat tulisan tersebut ? apakah dia tidak copy paste dari tulisan lain ? Kalau website-nya sudah terkenal, sudah pastilah itu, misalnya: Budi Rahardjo, Wimar Witular.
  2. Kevalidan referensi
    Apabila ada tulisan yang memberikan referensi, apakah referensi tersebut bisa dipercaya ? Sumber informasi yang bisa dipercaya, tetapi tidak selalu:
    1. Website Pemerintah. Biasanya website ini ber-domain go.id (Indonesia), .gov (Amerika). Tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan domain ini. Ada persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya: Pemerintah Republik Indonesia, Kementerian Keuangan, NASA
    2. Website Organisasi Internasional. Misalnya: Institute of Electrical and Electronics Engineers.
    3. Website Berita. Untuk website berita, saya sarankan untuk membaca berita yang sama di website berita yang berbeda, apakah keduanya memberikan data yang sama. Perhatikan dengan baik apa yang ada dalam tanda kutip, itulah yang bisa Anda jadikan acuan. Dan bandingkan antara kutipan dan bagian lain dalam tulisan tersebut, ada beberapa tulisan yang nggak sama, lho. Misalnya: Kantor Berita Antara, RCTI, SCTV, Kompas

Apakah Wikipedia bisa menjadi sumber referensi ?
Jawaban singkatnya adalah TIDAK. Semua orang bisa mengubah halaman di Wikipedia. Kevalidan informasi di Wikipedia dilihat dari referensi yang digunakan. Oleh karena itu teman, dalam karya ilmiah, seharusnya referensi yang digunakan adalah yang ada dalam bagian referensi, biasanya letaknya di bagian bawah halaman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar