Minggu, November 04, 2012

Booting UEFI di Fujitsu PH521 dan Ubuntu 12.04

Fujitsu PH521 menggunakan UEFI untuk booting. UEFI adalah standar yang mendefinisikan interface software yang dijalankan setelah sistem dihidupkan ("powered on") tetapi sebelum masuk ke operating system. Perbedaannya dengan BIOS adalah BIOS mendefinisikan POST (Power On Self Test) dan Setup, UEFI tidak mendefinisikannya. Dan tidak semua sistem menggunakan BIOS, UEFI dapat diimplementasikan dengan atau tanpa BIOS.

Salah satu kendala yang dihadapi dalam implementasi UEFI adalah tidak semua sistem sudah mendukung standar ini. Solusi yang dijelaskan dalam artikel ini adalah menggunakan implementasi yang sudah ada dan lebih stabil, yaitu: penggunaan MSDOS partition table untuk menggantikan GPT (GUID Patition Table) dan penggunaan GRUB-PC untuk menggantikan GRUB2 yang telah berusaha memberikan dukungan terhadap UEFI.
  1. MSDOS Partition Table
    Fujitsu PH521 menggunakan GPT, untuk mengubah partition table menjadi MSDOS, ada beberapa alternatif:
    1. GParted
      Gparted tersedia dalam hampir setiap distribusi Ubuntu. Alternatif ini dapat diambil dalam hal harddisk yang digunakan benar-benar kosong atau data dalam harddisk telah di-backup. Dengan cara ini semua data yang ada dalam harddisk akan dihapus. Cara ini dapat dilakukan melalui menu Device -> Create Partition Table -> pilih MSDOS -> kemudian ikuti langkah selanjutnya.
    2. GDisk
      GDisk dapat mengkonversi GPT menjadi MSDOS. Untuk melakukan instalasi di Ubuntu cukup dengan perintah:
      sudo apt-get install gdisk
    Setelah langkah satu dilakukan hasilnya dapat dilihat dengan menggunakan GParted lewat menu View -> Device Information.
  2. GRUB-PC
    Instalasi GRUB-PC memakan waktu yang cukup lama di Ubuntu 12.04 karena Ubuntu 12.04 secara default menggunakan GRUB2. Pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara semi-otomatis dengan menggunakan Boot Repair. Boot Repair pada dasarnya tidak melakukan perbaikan sendiri secara otomatis namun memberikan usulan langkah yang perlu dilakukan, pengguna akan menentukan apakah perintah tersebut dijalankan atau tidak.
    Cara instalasinya dapat dilihat pada halaman wiki Boot Repair di website komunitas ubuntu.

    6 komentar:

    1. assalamu`alikum mas.. ma`af saya baru belajar linux, saya baru menginstal sabily uhud di fujitshu ph521 setelah selesai install kan minta restart dan setelah itu tidak mau booting, stuck di logo fujitshu doank.. apa yg harus saya lakukan mas ? apa mencoba dengan live cd try ubuntu sabily lewat cd/dvd terus install grub seperti penjelasan mas diatas atau ada langkah yg lain.. saya awam banget dengan linux.. makasih sebelumnya.

      BalasHapus
    2. tambahan saya menggnakan dual boot dengan windows 7 ultimate dengan win 7 tersebut terinstall lebih dulu..

      BalasHapus
    3. Yup, coba check boot via Live CD dulu. Kalo berhasil, backup dulu data di netbook. Artikel di atas dibuat dengan kondisi HardDisk kosong sama sekali, jadi tidak ada resiko kehilangan data. Btw, ph521 proses BIOS nya terasa lebih lama daripada netbook yang pernah saya coba.

      BalasHapus
    4. tadi sudah saya coba boot via live cd dan berhasil masuk sabily, terus saya install gdisk lewat terminal seperti yg penjelasan mas di atas.. dan saya chek di gparted, partition nya MSDOS seperti di gambar mas diatas,(langkah selanjutnya apa?)atau smpae di sini selsai.?) terus saya coba restart dan boot lewat hdd tetp diam di logo fujitshu.
      tambahan nih mas : saat baru masuk live cd sabily muncul notif gini : "sorry, the package 'nanny 2.31.1-0 ubuntu4' failed to install or upgrade" terus saya close dan muncul notif lain ini : "sorry,the program 'ubiquity-dm' closed unexpectedly" apa itu berarti sabily uhud tidak cocok di fujitshu ph521 , ma`af merepotkan..

      BalasHapus
    5. setahu saya dukungan terhadap UEFI belum matang karena teknologinya sendiri masih baru. Kalo kondisinya seperti itu, saya cenderung untuk memilih distribusi yang paling baru. Setelah dicari di http://www.sabily.org/wiki/index.php/Main_Page ternyata versi sabily tersebut campatible dengan Ubuntu 11.10 sedangkan yang saya gunakan Ubuntu versi 12.04. https://bugs.launchpad.net/ubuntu/+source/nanny/+bug/940297

      BalasHapus
    6. Kalau dibilang saya tertarik dengan Ubuntu, iya. Teman saya yang mengenalkan OS yang satu ini, namun semalam saya mencoba menggunakan cara ini tapi kok gak bisa ya? masalahnya OS windows yang saya gunakan juga ikut terhapus bersamaan. Bagaimana solusinya ya? thanks

      BalasHapus