Rabu, November 07, 2012

Validasi Digital Signature pada Word 2007

Word 2007 memiliki fasilitas untuk menyisipkan Digital Signature pada suatu dokumen. Dokumen pada Word 2007 miliki format Office Open XML baik yang disisipi Digital Signature atau tidak. Sederhananya, dokumen Word 2007 adalah kumpulan file XML yang di-compress dengan metode kompresi ZIP. Dokumen Word 2007 sebelum di-compress memiliki stuktur direktori sebagaimana dalam Gambar 1.
Gambar 1 Susunan Direktori Dokumen Word 2007
Isi dari dokumen Word 2007 disimpan pada file word\document.xml. File tersebut isinya sama antara dokumen yang belum sisipi Digital Signature dengan yang telah disisipi. Pada dokumen yang disisipi Digital Signature terdapat tambahan folder _xmlsignature yang berisi file sig1.xml yang isinya kurang lebih seperti Gambar 2. Bagian yang berwarna kuning berbeda antar dokumen yang disisipi Digital Signature. Bagian tersebut adalah DigestValue dan SignatureValue sebagaimana dijelaskan pada RFC 4051 Additional XML Security Uniform Resource Identifiers (URIs). Sederhananya, DigestValue dan SignatureValue adalah hasil formula yang memperhitungkan beberapa variabel, antara lain: Isi Dokumen dan Public Key.
Gambar 2 Bagian dari isi file sign1.xml
Isi dokumen tidak dienkripsi karena konsep dari Digital Signature adalah memberikan tanda digital pada suatu dokumen. Isi dokumen bisa dilihat siapa saja namun dapat diyakini bahwa yang membuat dokumen tersebut adalah pihak tertentu.

1 komentar:

  1. I was unaware of this capability but this article helped me to learn about its importance. A big thanks to you for posting about it.
    electronic signature in word

    BalasHapus