Selasa, Juli 10, 2012

Strace : Debugging di Ubuntu

Awalnya saya heran, kenapa kok subversion nggak bisa jalan di netbook. Padahal koneksi ke internet-nya nggak pake proxy lho. Setalah searching ke sana kemari ketemu-lah halaman bug report yang error message-nya hampir sama dengan yang saya lihat di netbook 1005HA. Teknik yang digunakan untuk debugging adalah dengan menggunakan perintah strace sebelum perintah yang gagal dijalankan.

Ketemulah output sebagai berikut:
connect(4, {sa_family=AF_INET, sin_port=htons(8080), sin_addr=inet_addr("10.100.200.236")}, 16) = -1 EINPROGRESS (Operation now in progress) poll([{fd=4, events=POLLOUT}], 1, 3600000Jiahhh, ternyata masalahnya sudah ditemukan. terlihat di output message dari strace bahwa subversion mengakses proxy untuk connect ke internet. Problem solved :-)

Lebih jauh, Wikipedia memberikan informasi sebagai berikut:
strace is a debugging utility for Linux and some other Unix-like systems to monitor the system calls used by a program and all the signals it receives, similar to "truss" utility in other Unix systems. This is made possible by a kernel feature known as ptrace.

2 komentar:

  1. solved nya gimana?

    BalasHapus
  2. @Anonim, karena problemnya udah jelas jadinya solusinya dianggap sudah jelas. he .. he .. untuk problem di atas, tinggal edit file ~/.subversion/config

    BalasHapus