Minggu, Mei 31, 2015

Konfigurasi Fossil CGI di Apache

Fossil adalah salah satu aplikasi source code management yang memiliki beberapa fitur unik.  Salah satunya adalah dapat diakses via web. Cara akses via web juga ada beberapa cara dan yang dibahas kali ini adalah via CGI (Common Gateway Interface).

Use Case

Fossil ane butuhkan untuk membuat catatan kecil yang dapat dengan mudah dicari kembali, ditulis dalam format Markdown, dan telah tersedia fitur Tickets. Di versi 6c40678e91 tanggal 2015-03-1, terdapat fitur full text search yang membantu mencari seluruh bagian dari wiki, tidak hanya pada judul sebagaimana versi sebelumnya.

Di laptop ane udah ada apache yang digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis PHP, Javascript, etc. Jadi, akan lebih hemat resource apabila Fossil tidak dijalankan sebagai server yang terpisah dari Apache.

Konfigurasi

Konfigurasi Apache tergantung dari Distribusi OS, yang dibahas kali ini adalah Ubuntu 12.04 LTS , terdapat sedikit perbedaan untuk OS yang lain .

 1. Cari direktori cgi-bin, direktori ini khusus untuk menjalankan script CGI. Direktori ini dapat dilihat di dalam file /etc/apache2/sites-available/default . Di Ubuntu 12.04 , direktori tersebut ada di /usr/lib/cgi-bin.
 2. Buat berkas /usr/lib/cgi-bin/repo dengan content:

#!/usr/bin/fossil
repository: /var/www/data/repository.fossil

 3. Pastikan file /var/www/data/repository.fossil dapat diakses oleh user apache
 4. Done

Screenshot


Tidak ada komentar:

Posting Komentar