Senin, Desember 03, 2012

Mekanisme Keamanan Digital Signature pada Microsoft Word 2007

Salah satu cara untuk mengamankan dokumen Microsoft Word 2007 adalah Digital Signature. Cara lain yang dapat dilakukan dengan memberikan password untuk membuka dan atau mengubah dokumen. Pada pengamanan dokumen dengan menggunakan Digital Signature, semua pengguna yang memiliki akses terhadap dokumen dapat melihat isi dokumen namun untuk mengubah isi dokumen harus menghilangkan Digital Sigature. Dengan Digital Signature, dapat diyakini bahwa dokumen tersebut hanya dapat dibuat oleh pengguna yang memiliki Private Key.


Ada dua konsep keamanan yang diimplementasikan dalam Digital Signature pada dokumen Microsoft Word 2007, yaitu: Hash dan Asymmetric Encryption. Hash digunakan karena kecepatan untuk meng-encrypt seluruh dokumen lebih lama dari kecepatan untuk meng-hash dokumen kemudian meng-encrypt hash tersebut.

Pertama, dokumen di-hash sehingga menghasilkan hash. Kemudian dengan menggunakan Private Key yang dimiliki pengguna meng-encrypt hash tersebut sehingga menghasilkan encrypted hash.

Kedua, Sender atau pemilik dokumen mengirimkan metode hash yang digunakan, dokumen, encrypted hash dan public key.

Ketiga, Receiver atau penerima dokumen akan meng-hash dokumen yang diterima sehingga menghasilkan hash. Selain itu penerima dokumen men-decrypt encrypted hash sehingga menghasilkan hash. Kedua hash tersebut akan dibandingkan, Digital Signature adalah valid apabila kedua hash tersebut sama.

1 komentar:

  1. Yes its the best way to secure a word document. Digital signature is the most promising way to secure information. Creating a password is also good option but if don't want to provide access to change the content the former suits best.
    digital signature Microsoft

    BalasHapus