Rabu, September 05, 2012

Helpdesk Github

GitHub adalah salah satu website penyedia jasa penyimpanan source code yang menyediakan akses update lewat git. Setelah migrasi ke netbook baru, ternyata ada masalah dengan proses update ke repository. Namun di sini saya tidak membahas jawabannya. Tapi bagaimana cara GitHub membantu mengatasi masalah.


Mail dari Staff Github

  1. Manual dan "Contact Human"
    Di Github, Anda tidak akan menemui forum tempat bertanya atau alamat dari contact person dengan mudah. Nampaknya ini disesuaikan dengan cara trouble shooting dari sebagian besar penggunanya, yaitu programmer. Yang dilakukan pertama kali tentunya adalah "mencari di manual". Nah, ketika Anda menuju ke salah satu artikel dari manual tersebut, di bagian bawah baru bisa dijumpai "Contact Human". Di sini bisa dilihat bahwa GitHub lebih mengutamakan penggunaan knowledge base daripada komunikasi langsung dengan customer. Ya, memang begitulah seharusnya sebuah knowledge base.
  2. Kecepatan Response
    Pertanyaan diajukan kira-kira jam 20.00, seperti gambar di atas, dijawab jam 23.07. Dan mail baru dibaca 8 jam kemudian.
  3. Jawaban Lewat Mail
    Kalo dari sudut pandang saya, jawaban lewat mail memiliki beberapa kelebihan. Begitu mail tersebut masuk ke Inbox maka ada notification di HP. Kalau jawabannya lewat website, saya harus login dulu, baru bisa melihat jawaban. Jawaban yang diberikan singkat dan jelas, ditambah dengan link ke halaman website yang mengulas permasalahan.
  4. GratisLayanan yang baik tersebut diberikan kepada pelanggan yang "nggak modal". Tapi tentunya kalo dipikir lagi tentunya tidak sepenuhnya gratis karena source code yang saya upload khan kalo dihitung ada uangnya juga .. he .. he ..

Kesimpulannya, layanan yang diberikan GitHub cukup memuaskan, recommended lah. Mudah-mudahan ada yang tertarik untuk membuat website seperti ini di Indonesia. Biar donwload source code-nya bisa lebih "kenceng"  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar