Rabu, Juli 04, 2012

So.cl

So.clSocial media nampaknya selalu mendapatkan perhatian raksasa di industri IT. Lagi-lagi Microsoft bikin sensasi dengan me-lauch website social media So.cl. Hmm, setelah beberapa nge-test, ada beberapa hal yang menarik dari website ini, antara lain:

  1. Open ID
    Paling seneng dech kalo ketemu website baru yang login-nya pake OpenID. Nggak perlu lagi pusing nyari username yang belum kepake, nyari inspirasi password, ngetik alamat dan segala macem detil yang menyebalkan. Di So.cl kita bisa login pake Facebook atau Microsoft Live. Ada yang pake Microsoft Live ? Saya daftar-nya ke sana aja udah males, he .. he ..
  2. Fragment ("#")
    Inilah yang saya tunggu di Google+ atau Facebook. Dengan menggunakan fragment, halaman tidak di-load ulang, tetapi So.cl memanfaatkan javascript untuk mengambil data dan menampilkan data tersebut pada halaman yang sama. Saya rasa metode ini lebih efisien daripada memprioritaskan penggunaan cache. Emang sich, kalo nge-liat penjelasan teori-nya "cache" lebih keren, tapi untuk saat ini kurang user friendly. Resiko yang dihadapai dengan penggunaan fragment adalah load memori ke client lebih besar, tetapi ini juga tergantung management memori dari browser yang digunakan.
  3. HTTP
    Kalo social media tuh kayaknya nggak cocok kalo pake protocol HTTP karena hampir seluruh informasi yang di-akses bersifat private. Google+ menggunakan 100% HTTPS bahkan image-nya pake HTTPS pula. Facebook 50-50, halaman bisa pake HTTPS tapi images pake HTTP.
  4. Domain
    Duh, kenapa sich pake domain So.cl. Bakal langsung kena block ama admin di level domain. Block di level domain lebih rendah resource yang digunakan dari pada block di level url karena tidak perlu search di string url. Cukup waktu resolve domain langsung di-block. Coba misalnya pake url http://www.microsoft.com/social. Kalo pun mau di-block, perlu proxy server dengan spesifikasi yang lumayan supaya bisa jalan normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar