Jumat, Juli 06, 2012

Mendaftar URI packages untuk Ubuntu Safe Upgrade

Ubuntu logoDengan banyaknya supporter distribusi linux Ubuntu memiliki variasi pengguna yang cukup lengkap. Termasuk Indonesian yang punya istilah "lemot" :-) Salah satu aktifitas sehari-hari, mungkin kita nggak nyadar karena udah otomatis by system, adalah update package. Berikut hasil research perihal upgrade package dengan fokus pada network yang punya kecepatan alakadar-nya :-)

  1. Apt Get Upgrade

    Halaman di atas memberikan informasi bagaimana cara mendapatkan URL yang dibutuhkan untuk upgrade package. Namun dari pengalaman menyedihkan, proses ini tidak saya recomend karena seringan system jadi ada yang nggak jalan. Cara paling aman yang selalu saya tempuh adalah melalui perintah sudo aptitude safe-upgrade. Tuh, safe upgrade khan ? jadi nggak kayak sudo apt-get upgrade yang mengerikaaan.

  2. Aptitude Safe Upgrade + Apt Get Install + WGet + Dpkg

    Nah, dengan cara ini, kita bisa dapet itu package mana saja yang bisa di-update dengan aman. Disusul dengan perintah berikutnya yang akan mencari URL dimana package update-an bisa di-download. Trus dengan WGet, Anda bisa nyari tempat yang internetnya kenceng, misalnya di kantor karena jarang ada admin yang block repository ubuntu. Habis package .deb selesai di-download, Instalasi bisa dilakukan dengan Dpkg. Script-nya nehh :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar