Senin, November 05, 2012

Menambahkan Digital Signature pada Microsoft Word 2007

Dalam UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik disebutkan bahwa "Tanda Tangan Elektronik memiliki kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah selama memenuhi persyaratan ..." dan "Ketentuan lebih lanjut tentang Tanda Tangan Elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat(1) diatur dengan Peraturan Pemerintah". Setelah menunggu selama 4 tahun, sampai dengan artikel ini diketik, Peraturan Pemerintah sebagaimana dimaksud dalam UU tersebut belum disahkan.

Tanda Tangan Elektronik (Digital Signature) memiliki dampak besar. Sebelumnya otentikasi dari sebuah dokumen dilihat dari hardcopy yang dilengkapi dengan tanda tangan tinta basah dan meterai Rp 6.000,-. Dengan Digital Signature, sebuah dokumen bisa diyakini dibuat oleh pihak tertentu meskipun dokumen tersebut didapatkan dari pihak ketiga. Dengan Digital Signature hal ini tidak diperlukan lagi. Sehingga akan terjadi penghematan dalam berkas hardcopy yang harus diproses dan atau diarsipkan. Implementasi dari Digital Signature ini cukup banyak, dan belum diatur oleh Peraturan Pemerintah, artikel ini akan membahas cara menambahkan Digital Signature ke dalam dokumen Microsoft Word 2007.

  1. Membuat Self-Signed Digital IDDalam Digital Siganture ada dua macam file, yaitu: public key  beserta private key yang dapat berupa file dengan ekstensi .pfx dan public key yang dapat berupa file dengan ekstensi .cer. Yang harus dirahasiakan adalah file dengan ekstensi .pfk. File dengan ektensi .pfk tersebut dapat dibuat dengan menggunakan softwarei PDF-XChange Viwer lewat menu Document -> Signing -> Sign Document -> Create Certificate
  2. Import Certificate
    Setelah file .pfk selesai dibuat, langkah berikutnya adalah Import File Digital Signature yang dapat dilakukan lewat MMC (Microsoft Management Console) atau klik kanan pada file .pfk dan pilih Install PFK.
  3. Menambahkan Digital Signature ke Dokumen
    Di Microsoft Word 2007, Pilih menu Prepare -> Add a Digital Signature -> kemudian ikuti langkah selanjutnya

Apabila berhasil, maka ada tanda pita warna merah di status bar yang menandakan bahwa dalam dokumen tersebut menggunakan Digital Signature.

4 komentar:

  1. The main feature which has been added to Microsoft Office 2007 is digital signature. And in this article you have clearly mentioned all the steps to add a digital signature in a word file. Thanks.
    digital signature Microsoft

    BalasHapus
  2. nice gan, buat tambahan aja tutorial cara buat nya dari proses enkripsi hingga deskripsi, semoga bermanfaat,
    sebelumnya perlu kalian ketahui Teknologi tanda tangan digital kini semakin maju dan menggunakan proses enkripsi dan deskripsi guna keamanan yang kuat dan validasi pengirim yang autentik, selengkapnya ada di sini
    PEMBAHASAN LENGKAP TENTANG DIGITAL SIGNATURE atau TANDA TANGAN DIGITAL

    BalasHapus